Bosan dengan tampilan velg standard (bawaan pabrik) mobil kamu? Ingin menggantinya dengan yang lebih menarik namun tanpa mengesampingkan kenyamanan kamu berkendara? mari simak panduan praktis ini. Pertama yang perlu kamu ketahui adalah berapa ukuran velg standard mobil kamu, biasanya untuk ukuran mobil-mobil ber-cc 1500 – 1700 menggunakan ring velg ukuran 15″, sedangkan untuk mobil-mobil ber-cc 1800-2000 menggunakan ukuran 16″.

Sekarang kamu ingin menggantikan velg lama dengan velg baru dengan ukuran yang sama atau ingin dengan ring yang lebih besar? semakin ring velg nya lebih besar maka semakin manis penampilan mobil kamu. Lalu penampilan seperti apa yang kamu inginkan? velg dengan gaya sporti? atau gaya elegan? semua bisa kamu lihat saat motif-motif velg dipadukan dengan mobil kamu (sulit untuk dibayang-bayangkan kalau pakai velg ini/itu akan terlihat seperti apa). Pergilah ke tempat penjual velg yang memiliki tipe/motif yang beragam agar kamu dapat banyak pilihan.

   

    

Berikut batasan bila kamu ingin menggunakan velg dengan ukuran ring yang lebih besar dari ukuran velg standard. Kamu akan tetap nyaman berkendara bila menggunakan velg yang besarnya tidak lebih dari selisih 2″ dari velg standard kamu, misal velg standard kamu adalah 15″ maka gunakan maksimal velg dengan ring 17″, begitu juga dengan velg standard ukuran 16″ gunakan maksimal velg dengan ukuran 18″.

Mengapa tidak disarankan untuk mengganti velg dengan ukuran tidak lebih dari 2″? menurut pengalaman penulis bila kamu menggunakan velg dengan ukuran lebih dari 2″ dari velg standard mobil kamu maka yang akan kamu dapatkan adalah kamu meraskan kemudi yang keras (tidak empuk), sangat tidak nyaman bila melewati jalanan yang rusak dan berlubang, efeknya kamu harus lebih extra berhati-hati dalam berkendara, hal ini yang membuat lama kelamaan kamu menjadi tidak nyaman dalam berkendara.

Dan juga penulis tidak menyarankan untuk mengganti per standard mobil kamu dengan per lain yang kata orang (dan mungkin kata penjualnya) akan lebih terlihat manis lagi karena posisi mobil akan menjadi lebih rendah lagi. Ya memang bila mobil kamu hanya melaju pada jalanan yang mulus saja itu masih bisa diterima, tapi kualitas jalanan di Indonesia sangat-sangat tidak mendukung untuk itu.

   

Profil ban juga banyak macam dan banyak merek. Tidak bisa ditentukan merek tertentu akan lebih baik. Semua tergantung dari kebutuhan. Kamu ingin profil ban dengan fungsi ingin lebih menggigit dengan aspal atau biasa saja, motif-motif kembang juga beragam, biasanya karakter ban yang lebih menggigit dengan aspal identik dengan karakter ban yang berisik (terutama bila mobil kamu melaju dengan kecepatan tinggi). Konstultasikan dengan penjual velg/ban, kemukakan keinginan kamu, saran penulis adalah minta tipe ban yang tidak berisik tapi tetap menggigit dengan aspal. Sebagai contoh ban merek Falken identik dengan ban yang berisik tapi nyatanya ada juga tipe yang tidak berisik, lalu untuk merek Achilles identik dengan ban yang enak namun nyatanya ada juga tipe ban yang berisik. Jangan lupa sehabis kamu ganti velg/ban baru lakukan Balancing & Spooring.