Gaya (Style)

Aksesoris Mobil: Sensor Parking

Walaupun sebagian besar sudah memahami apa itu Sensor Parking, namun kenyataannya tidak semua mobil dilengkapi aksesoris ini. Yang namanya aksesoris ini terlihat perlu tidak perlu, alias tidak begitu penting untuk dipergunakan. Tapi nanti dulu, saat ini aksesoris sensor parking sudah bukan barang yang harganya mahal, sudah begitu terjangkau bagi pengendara/pemilik kendaraan mobil. Harga yang relatif murah ini menyediakan berbagai macam pilihan.

Dengan adanya tambahan aksesoris Sensor Parking pada kendaraan mobil kamu, kamu akan lebih mudah dan leluasa didalam mengendarai mobil kamu khusus nya pada saat melaju mundur (baik untuk keperluan parkir atau sekedar mundur). Dengan bantuan Sensor Parking kamu akan lebih cermat untuk mengira-ngira seberapa dekat benda yang dekat dengan bemper belakang mobil kamu. Sehingga dapat menghindar dari benturan atau tabrakan dengan kendaraan dibelakang atau benda lainnya.

    

Beberapa tipe Sensor Parking ada yang menyediakan 2 titik mata untuk diletakan di bemper belakang, namun ada juga yang menyediakan 4 titik mata. Menurut penulis semakin banyak titik mata nya maka Sensor Parking makin lebar daya serap dalam menyensor jarak. Setelah alat sensor terpasang, maka cara kerjanya cukup mudah, pada saat kamu memasukkan gigi mundur, maka sensor sudah bekerja. Alat sensor bermacam-macam memberikan indikator, ada yang berupa indikator bar, ada juga indikator berupa asumsi sisa jarak dengan benda dibelakang. Pada contoh dibawah ini menggunakan sensor dengan indikator asumsi sisa jarak benda yang ada dibelakang bemper.

  

Aksesoris Sensor Parking, memang terlihat tidak begitu penting, namun apabila setelah terpasang dan kamu mencobanya, maka keberadaan Sensor Parking pada kendaaran mobil kamu sangatlah berguna dan membantu kamu dalam berkendara. Membuat kamu percaya diri didalam memundurkan kendaraan kamu. Jangan ragu pasang aksesoris Sensor Parking pada kendaraan kamu, bila belum memilikinya.


Aksesoris Mobil: Setir (steering wheel), Knob (tongkat kopling)

Bila kamu bosan dengan penampilan interior kendaraan mobil kamu, kamu bisa menyulapnya menjadi lebih menarik. Banyak aksesoris-aksesoris tersedia dipasaran untuk mempercantik penampilan interior kendaraan mobil kamu. Mulai dari setir, tongkat kopling, pedal, sarung jok dan sebagainya. Kualitas barangnya pun beragam, ada yang terbuat dari bahan material biasa saja hingga dengan material yang sangat mewah.

  

Berikut ini contoh bila setir dan tongkat kopling diganti dengan aksesoris dengan material yang sangat baik. Banyak merek-merek terkenal dan bagus menyediakan aksesoris tersebut, mulai dari Momo, Isotta, dll. Pada gambar dibawah ini menggunakan Stir dan Tongkat Kopling merek Isotta. Namun sebelum menggantikan dengan askesoris ini, perlu diperhatikan apakah Setir dan Tongkat Kopling mobil kamu memang bisa dilepas begitu saja, atau ada kaitannya dengan sambungan elektronik, airbag, atau hal lainnya. Jangan sampai mengorbankan fungsi orisinil bawaan dari kendaraan tersebut.

Yakinkan untuk mendapatkan barang asli, bukan aspal (asli tapi palsu). Kita bisa mengetahui dari bahan materialnya dan harga. Sebagai perbandingan untuk Setir merek Isotta, untuk barang aspal kamu bisa dapatkan harga dikisaran 500rb, sedangkan barang Isotta yang asli setidaknya kamu harus mengeluarkan minimal 2 juta untuk sebuah Setir yang manis. Kamu dapat berkunjung ke toko-toko seperti Daytona untuk mendapatkan barang yang asli.


Bergaya Dengan Velg Ukuran Besar Tapi Tetap Nyaman

Bosan dengan tampilan velg standard (bawaan pabrik) mobil kamu? Ingin menggantinya dengan yang lebih menarik namun tanpa mengesampingkan kenyamanan kamu berkendara? mari simak panduan praktis ini. Pertama yang perlu kamu ketahui adalah berapa ukuran velg standard mobil kamu, biasanya untuk ukuran mobil-mobil ber-cc 1500 – 1700 menggunakan ring velg ukuran 15″, sedangkan untuk mobil-mobil ber-cc 1800-2000 menggunakan ukuran 16″.

Sekarang kamu ingin menggantikan velg lama dengan velg baru dengan ukuran yang sama atau ingin dengan ring yang lebih besar? semakin ring velg nya lebih besar maka semakin manis penampilan mobil kamu. Lalu penampilan seperti apa yang kamu inginkan? velg dengan gaya sporti? atau gaya elegan? semua bisa kamu lihat saat motif-motif velg dipadukan dengan mobil kamu (sulit untuk dibayang-bayangkan kalau pakai velg ini/itu akan terlihat seperti apa). Pergilah ke tempat penjual velg yang memiliki tipe/motif yang beragam agar kamu dapat banyak pilihan.

   

    

Berikut batasan bila kamu ingin menggunakan velg dengan ukuran ring yang lebih besar dari ukuran velg standard. Kamu akan tetap nyaman berkendara bila menggunakan velg yang besarnya tidak lebih dari selisih 2″ dari velg standard kamu, misal velg standard kamu adalah 15″ maka gunakan maksimal velg dengan ring 17″, begitu juga dengan velg standard ukuran 16″ gunakan maksimal velg dengan ukuran 18″.

Mengapa tidak disarankan untuk mengganti velg dengan ukuran tidak lebih dari 2″? menurut pengalaman penulis bila kamu menggunakan velg dengan ukuran lebih dari 2″ dari velg standard mobil kamu maka yang akan kamu dapatkan adalah kamu meraskan kemudi yang keras (tidak empuk), sangat tidak nyaman bila melewati jalanan yang rusak dan berlubang, efeknya kamu harus lebih extra berhati-hati dalam berkendara, hal ini yang membuat lama kelamaan kamu menjadi tidak nyaman dalam berkendara.

Dan juga penulis tidak menyarankan untuk mengganti per standard mobil kamu dengan per lain yang kata orang (dan mungkin kata penjualnya) akan lebih terlihat manis lagi karena posisi mobil akan menjadi lebih rendah lagi. Ya memang bila mobil kamu hanya melaju pada jalanan yang mulus saja itu masih bisa diterima, tapi kualitas jalanan di Indonesia sangat-sangat tidak mendukung untuk itu.

   

Profil ban juga banyak macam dan banyak merek. Tidak bisa ditentukan merek tertentu akan lebih baik. Semua tergantung dari kebutuhan. Kamu ingin profil ban dengan fungsi ingin lebih menggigit dengan aspal atau biasa saja, motif-motif kembang juga beragam, biasanya karakter ban yang lebih menggigit dengan aspal identik dengan karakter ban yang berisik (terutama bila mobil kamu melaju dengan kecepatan tinggi). Konstultasikan dengan penjual velg/ban, kemukakan keinginan kamu, saran penulis adalah minta tipe ban yang tidak berisik tapi tetap menggigit dengan aspal. Sebagai contoh ban merek Falken identik dengan ban yang berisik tapi nyatanya ada juga tipe yang tidak berisik, lalu untuk merek Achilles identik dengan ban yang enak namun nyatanya ada juga tipe ban yang berisik. Jangan lupa sehabis kamu ganti velg/ban baru lakukan Balancing & Spooring.


Selamat Datang!

Hallo, kamu pengunjung situs ini bisa saja kamu bukan maniak otomotif atau bahkan sebaliknya, tapi itu bukan hal yang terpenting, melainkan semua kita jadikan menjadi menyenangkan (fun) didalam menyimak artikel-artikel dan informasi-informasi dari situs ini.


Copyright © 1996-2010 Dunia Otomotif. All rights reserved.


Jarrah theme by Templates Next | Powered by WordPress